Polres Minut Berhasil Ringkus Pelaku Doger


Pelaku Doger YR Yudi Saat di ringkus Polres Minut bersama barang Bukti Sajam

MINUT-Kepolisian Resor (Polres) Minahasa Utara (Minut) berhasil meringkus pelaku pencuri anjing (Doger) di Desa Sarongsong Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minut sekitar pukul 04.00 WITA dini hari Rabu, (06/12/17).

Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael SIK MH melalui Kasubag Humas Polres Minut AKP Hilman Muthalib, menerangkan kronologi ditangkapnya pelaku pencurian Anjing.

Menurutnya, malam itu anggota kepolisian BG, Bintara Unit Lakalantas Polres Minut sedang ronda bersama masyarakat. Pada saat ronda malam tiba-tiba masyarakat yakni Pedrus Padoma, Denny Mumek, Menly Mumek, masing-masing warga Saronsong I Lingkungan VII. Melihat ada mobil Avansa berwarna hitam dengan Plat Nomor tidak dikenal, berhenti dipinggir jalan tepatnya di depan rumah warga.

Saat itu mereka melihat, pelaku turun dari mobil sambil membawa pipa besi, selanjutnya  masuk ke halaman rumah warga dan memukul anjing yang sedang berada di depan rumah warga.

” Saat pelaku melakukan aksinya  memukul Anjing dengan pipa, ada warga sekitar melihatnya dan langsung diteriakan maling. Pelaku pun kabur tanpa membawa hasil buruannya,” ujar Kasubag Humas Polres Minut Hilman Muthalib.

Setelah melihat pelaku kabur, Petugas pun langsung mengejar dengan motor, awalnya petugas sudah meminta untuk berhenti dan diam di tempat. Bahkan hingga ada peringatan tembakan ke udara pun, pelaku tidak mengubrisnya.

” Kemudian pelaku maju sambil membawa pisau di tangan kanan, pipa besi di tangan kiri dan berjarak  sekitar 3 meter dengan aparat pelaku pun mengarahkan pisaunya ke anggota polisi. Merasa terancam keselamatan, dengan terpaksa pelaku dilumpuhkan dengan satu tembakan dan mengena di tangan kanan pelaku,”tandasnya.

Lanjutnya, pelaku yang diketahui identitasnya bernama Yudi (YR) 27 Tahun, warga Jalan Siswa Kampung Passo Lingkungan IV Kecamatan Sario, saat ini berada di RS Walanda Maramis untuk mendapatkan pengobatan medis.

” Pelaku pencuri anjing (Doger) YR telah berhasil diringkus, bersama barang bukti (Babuk) Pisau dan Pipa Besi. Pelaku di kenai pasal 338 junto 53 KUHP tentang percobaan pembunuhan dan 362 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukuman 20 tahun untuk percobaan pembunuhan. Kasus ini sedang dalam pengembangan. Langkah kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan melakukan penjagaan kepada tersangka,” jelas Kasubag Humas Polres Minut AKP Hilman Muthalib mewakili Kapolres Minut.