Ini Hasil Penelitian Mahasiswa STIK/PTIK di Minahasa Utara


minut - penutupan penelitian STIK

AIRMADIDI, Humas Polres Minut – Program Pengabdian Masyarakat di Minahasa Utara yang dilakukan oleh Mahasiswa STIK-PTIK angkatan 73 resmi ditutup, Jum’at (9/2/18).

Penutupan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dihadiri oleh Perwira Pendamping Kombes Pol Hariadi, SH, SIK, MH, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, Bupati Minut yang diwakili Kaban Kesbang Minut Martino Dengah SH, Wakapolres Minut Kompol Dewa Made Palguna SH, SIK, Pejabat Polres Minut dan para SKPD Kabupaten Minut.

“Rangkaian kegiatan Dianmas STIK-PTIK angkatan 73 di Minahasa Utara telah selesai dilakukan, semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa STIK-PTIK,” ujar Kapolres.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cendra mata dari pemerintah Kabupaten Minahasa Utara kepada mahasiswa STIK – PTIK Polri dan sebaliknya.

Adapun hasil penelitian yang dipaparkan oleh mahasiswa STIK Polri, yaitu Bagaimana mengatasi masalah kemacetan di jalan raya Manado-Bitung ruas jalan Maumbi-Airmadidi Kabupaten Minut.

Penelitiannya yaitu:
1. Kawasan KTL simpang tiga Tondano – Terminal Airmadidi, lebar jalan tidak memadai, rambu petunjuk arah belum terpasang.
2. Banyak angkot parkir di luar terminal.
3. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang keselamatan lalu lintas.
4. Kendaraan berat > 10 Ton masih melewati kelas jalan III C (max 8 Ton).

Upaya yang dilakukan para Mahasiswa PTIK yaitu:
1. Melakukan koordinasi dengan PU dan LLAJ untuk memasang rambu lalu lintas serta pelebaran jalan utama maupun alternatif.
2. Melakukan tindakan penertiban kepada sopir angkutan dan koordinasi dengan organda.
3. Maksimalkan program Kapolres Minut “Tour Kamseltibcar Lantas” dan berikan himbauan langsung kepada pengguna jalan.
4. Pengusulan kepada Pemerintah Daerah untuk membuat peraturan tentang pengalihan jalur kendaraan besar melewati jalur Ringroad serta pengusulan untuk mengembangkan kawasan bisnis ke pinggiran kota.

Penulis: Humas Polres Minut