Polres dan Pemkab Minahasa Utara Gelar Kesepakatan Pengawasan Dana Desa 2018


minut - ttd dana desa

AIRMADIDI, Humas Polres Minut – Kerja sama dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Minahasa Utara tahun 2018 dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten dengan Kepolisian Resor Minahasa Utara.

Kerja sama tersebut tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepolisian Resor Minahasa Utara dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, yang digelar di Kantor Bapelitbang Pemkab Minut, Selasa (13/2/2018).

Penandatanganan dilakukan bersama oleh Bupati Vonne A. Panambunan dengan Kapolres Minahasa Utara AKBP Alfaris Pattiwael, yang dihadiri juga oleh Sekda, Asisten 1, para SKPD Minut, Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kanit Tipikor Polres Minut, para Camat, Sekcam, para Hukum Tua se Kabupaten Minut, para bendahara Desa serta BPD.

Kepala Kepolisian Resor Minahasa Utara menyampaikan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman antara Polres Minut dengan Pemkab merupakan tindak lanjut kesepakatan Polri dengan Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri.

“Tujuannya adalah supaya meningkatkan atau berdaya guna pembangunan Desa dan pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa adalah tanggung jawab kita semua, jangan sampai terjadi penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh aparat pemerintah Desa,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga menyarankan agar para Kepala Desa mempublikasikan anggaran Desa sebagai bagian keterbukaan informasi publik yang bisa mengurangi munculnya masalah.

Sementara itu Bupati Minut menyampaikan banyak terima kasih dan mengapresiasi jajaran Polres Minut yang telah membantu mendampingi dan mengawasi dalam penggunaan Dana Desa di wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Ia berharap Kepala Desa menyambut baik Inspektorat yang bertugas melakukan pemeriksaan terkait laporan masyarakat. “Kalau (laporan) itu fitnah segera terungkap. Kalau memang terbukti salah, maka segera ditindaklanjuti,” kata Bupati.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan penghargaan Kabupaten Minut Peduli HAM oleh Asisten Pemerintah kepada Bupati dan didampingi Kepala Bagian Hukum serta penyerahan simbolis kartu BPJS oleh Bupati kepada masyarakat.

Penulis: Humas Polres Minut