Polres Minut Ajak Pengojek Tertib Berlalulintas


Airmadidi, Humas Polres Minut – Polres Minahasa Utara (Minut) terus mengkampanyekan keselamatan dan ketertiban berlalulintas kepada para pengguna jalan, salah satunya tukang ojek.

Sosialisasi ini dipimpin oleh Kanit Dikyasa Unit Dikyasa Satlantas Polres Minut, Aiptu Debby Sineri, di pangkalan ojek Kauditan, Jum’at (31/08/2018).

Pengojek, kata Kanit Dikyasa, adalah profesi yang rawan mengalami kecelakaan lalulintas di jalan raya. “Para pengojek di pangkalan ini akan kami jadikan sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kanit menerangkan beberapa hal penting terkait bidang lalulintas. “Empat faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas, yakni kelalaian manusia (human error), kendaraan yang tidak layak jalan, kondisi jalan raya serta faktor cuaca,” jelasnya.

Dari empat faktor tersebut, tambah Kanit, kelalaian manusia merupakan penyebab tertinggi terjadinya kecelakaan lalulintas. “Hampir 80 persen kecelakaan itu terjadi karena faktor kelalaian manusia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit mengajak seluruh pengojek untuk tertib berlalulintas. “Sebelum berkendara, pastikan fisik dalam keadaan prima, periksa kondisi kendaraan, lengkapi surat-surat. Jangan lupa pakai helm, baik pengojek maupun penumpang dan selalu mematuhi peraturan lalulintas,” pungkasnya.