Polres Minut Seriusi Penggunaan Rotator dan Sirene yang tak Sesuai Peruntukan


Airmadidi, Humas Polres Minut – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Minahasa Utara (Minut) menggelar sosialisasi tertib berlalulintas kepada para pengendara kendaraan bermotor, Selasa (04/09/2018), pagi.

Sosialisasi ini menyoroti penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai dengan peruntukan. “Penggunaan rotator dan sirine diatur dalam PP Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalulintas Jalan, serta PP Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi,” jelas Kasatlantas Polres Minut, AKP Arke Parasan.

Lanjutnya, di wilayah Minut masih didapati kendaaraan pribadi maupun umum yang memakai rotator dan sirine. “Kami akan segera mengambil tindakan tegas terkait aturan tersebut, setelah peringatan ini disampaikan,” tegas Kasatlantas.

Jika ada yang melanggar, terang Kasatlantas, akan dikenakan pasal 61 ayat (1) UU RI Nomor 14 Tahun 1992. “Ancaman hukumannya, pidana kurungan paling lama satu bulan dan denda setinggi-tingginya satu juta rupiah,” tandasnya.

Dalam sosialisasi ini, petugas Satlantas juga memasang sticker bertuliskan “Mari jo Torang Tertib Berlalulintas, Stop Penggunaaan Rotator dan Sirene Tidak Sesuai Dengan Peruntukan”.